KITAB
SHIYAM
|
KITAB SHIYAM |
كِتَابُ اَلصِّيَامِ
| |
Hadits No. 669 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah engkau mendahului Ramadhan
dengan shaum sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang terbiasa shaum, maka
bolehlah ia shaum." Muttafaq Alaihi.
|
َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم ( لَا تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ,
إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا, فَلْيَصُمْهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْه
| |
Hadits No. 670 | ||
Ammar Ibnu Yasir Radliyallaahu 'anhu berkata: Barangsiapa
shaum pada hari yang meragukan, maka ia telah durhaka kepada Abdul Qasim
(Muhammad) Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Hadits mu'allaq riwayat Bukhari, Imam
Lima menilainya maushul, sedang Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban menilainya hadits
shahih.
|
َوَعَنْ
عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ رضي الله عنه قَالَ: ( مَنْ صَامَ اَلْيَوْمَ اَلَّذِي
يُشَكُّ فِيهِ فَقَدْ عَصَى أَبَا اَلْقَاسِمِ صلى الله عليه وسلم ) وَذَكَرَهُ
اَلْبُخَارِيُّ تَعْلِيقًا, وَوَصَلَهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
خُزَيْمَةَ, وَابْنُ حِبَّانَ
| |
Hadits No. 671 | ||
Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku mendengar
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila engkau sekalian
melihatnya (bulan) shaumlah, dan apabila engkau sekalian melihatnya (bulan)
berbukalah, dan jika awan menutupi kalian maka perkirakanlah." Muttafaq Alaihi.
Menurut riwayat Muslim: "Jika awan menutupi kalian maka perkirakanlah tiga puluh
hari." Menurut riwayat Bukhari: "Maka sempurnakanlah hitungannya menjadi
tigapuluh hari."
|
َوَعَنِ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: ( إِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَصُومُوا,
وَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَأَفْطِرُوا, فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَلِمُسْلِمٍ: ( فَإِنْ أُغْمِيَ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا
لَهُ
ثَلَاثِينَ ) . وَلِلْبُخَارِيِّ: (
فَأَكْمِلُوا اَلْعِدَّةَ ثَلَاثِينَ
)
| |
Hadits No. 672 | ||
Menurut riwayatnya dari hadits Abu Hurairah: "Maka sempurnakanlah
hitungan bulan Sya'ban 30 hari."
|
َوَلَهُ فِي حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ
رضي الله عنه ( فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ
)
| |
Hadits No. 673 | ||
Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Orang-orang
melihat bulan sabit, lalu aku beritahukan kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bahwa aku benar-benar telah melihatnya. Lalu beliau shaum dan menyuruh
orang-orang agar shaum. Riwayat Abu Dawud. Hadits shahih menurut Hakim dan Ibnu
Hibban.
|
َوَعَنِ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( تَرَاءَى اَلنَّاسُ اَلْهِلَالَ,
فَأَخْبَرْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنِّي رَأَيْتُهُ, فَصَامَ,
وَأَمَرَ اَلنَّاسَ بِصِيَامِهِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
حِبَّانَ, وَالْحَاكِمُ
| |
Hadits No. 674 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa ada seorang
Arab Badui menghadap Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, lalu berkata: Sungguh
aku telah melihat bulan sabit (tanggal satu). Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bertanya: "Apakah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah?" Ia
berkata: Ya. Beliau bertanya: "Apakah engkau bersaksi bahwa Muhammad itu utusan
Allah." Ia menjawab: Ya. Beliau bersabda: "Umumkanlah pada orang-orang wahai
Bilal, agar besok mereka shaum." Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Ibnu
Khuzaimah dan Ibnu Hibban, sesang Nasa'i menilainya mursal.
|
َوَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ أَعْرَابِيًّا جَاءَ إِلَى
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: ( إِنِّي رَأَيْتُ اَلْهِلَالَ, فَقَالَ:
" أَتَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ? " قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: "
أَتَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اَللَّهِ? " قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: "
فَأَذِّنْ فِي اَلنَّاسِ يَا بِلَالُ أَنْ يَصُومُوا غَدًا" ) رَوَاهُ
اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ, وَابْنُ حِبَّانَ وَرَجَّحَ
النَّسَائِيُّ إِرْسَالَهُ
| |
Hadits No. 675 | ||
Dari Hafshah Ummul Mukminin bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Barangsiapa tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tidak ada puasa
baginya." Riwayat Imam Lima. Tirmidzi dan Nasa'i lebih cenderung menilainya
hadits mauquf. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban menilainya shahih secara marfu'.
Menurut riwayat Daruquthni: "Tidak ada puasa bagi orang yang tidak meniatkan
puasa wajib semenjak malam."
|
َوَعَنْ
حَفْصَةَ أُمِّ اَلْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا, عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى
الله عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ اَلصِّيَامَ قَبْلَ اَلْفَجْرِ فَلَا
صِيَامَ لَهُ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَمَالَ النَّسَائِيُّ وَاَلتِّرْمِذِيُّ
إِلَى تَرْجِيحِ وَقْفِهِ, وَصَحَّحَهُ مَرْفُوعًا اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ
حِبَّانَ. وَلِلدَّارَقُطْنِيِّ: ( لَا صِيَامَ لِمَنْ لَمْ يَفْرِضْهُ مِنَ
اَللَّيْلِ )
| |
Hadits No. 676 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Suatu hari Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam masuk ke rumahku, lalu beliau bertanya: "Apakah
ada sesuatu padamu?" Aku menjawab: Tidak ada. Beliau bersabda: "Kalau begitu aku
shaum." Pada hari lain beliau mendatangi kami dan kami katakan: Kami diberi
hadiah makanan hais (terbuat dari kurma, samin, dan susu kering). Beliau
bersabda: "Tunjukkan padaku, sungguh tadi pagi aku shaum." Lalu beliau makan.
Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( دَخَلَ عَلَيَّ اَلنَّبِيُّ صلى الله
عليه وسلم ذَاتَ يَوْمٍ. فَقَالَ: هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ? قُلْنَا: لَا. قَالَ:
فَإِنِّي إِذًا صَائِمٌ ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ, فَقُلْنَا: أُهْدِيَ لَنَا
حَيْسٌ, فَقَالَ: أَرِينِيهِ, فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا فَأَكَلَ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 677 | ||
Dari Sahal Ibnu Sa'ad Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Orang-orang akan tetap
dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم قَالَ: ( لَا يَزَالُ اَلنَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا اَلْفِطْرَ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 678 | ||
Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu
bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Allah 'Azza wa Jalla
berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling
menyegerakan berbuka."
|
َوَلِلتِّرْمِذِيِّ: مِنْ
حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
( قَالَ اَللَّهُ تعَالى أَحَبُّ
عِبَادِي إِلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا )
| |
Hadits No. 679 | ||
Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam
makan sahur itu ada berkahnya." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي اَلسَّحُورِ بَرَكَةً )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 680 | ||
Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam bersabda: "Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka
dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena
air itu suci." Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu
Hibban, dan Hakim.
|
َوَعَنْ
سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم قَالَ: ( إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ
يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ,
وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ
وَالْحَاكِمُ
| |
Hadits No. 681 | ||
Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam melarang puasa wishol (puasa bersambung tanpa makan). Lalu ada seorang
dari kaum muslimin bertanya: Tetapi baginda sendiri puasa wishol, wahai
Rasulullah? Beliau menjawab: "Siapa di antara kamu yang seperti aku, aku
bermalam dan Tuhanku memberi makan dan minum." Karena mereka menolak untuk
berhenti puasa wishol, maka beliau shaum wishol bersama mereka sehari, kemudian
sehari. Lalu mereka melihat bulan sabit, maka bersabdalah beliau: "Seandainya
bulan sabit tertunda aku akan tambahkan puasa wishol untukmu, sebagai pelajaran
bagi mereka uang menolak untuk berhenti." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( نَهَى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
عَنِ اَلْوِصَالِ, فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ اَلْمُسْلِمِينَ: فَإِنَّكَ يَا رَسُولَ
اَللَّهِ تُوَاصِلُ? قَالَ: وَأَيُّكُمْ مِثْلِي? إِنِّي أَبِيتُ يُطْعِمُنِي
رَبِّي وَيَسْقِينِي فَلَمَّا أَبَوْا أَنْ يَنْتَهُوا عَنِ اَلْوِصَالِ وَاصَلَ
بِهِمْ يَوْمًا, ثُمَّ يَوْمًا, ثُمَّ رَأَوُا اَلْهِلَالَ, فَقَالَ: لَوْ
تَأَخَّرَ اَلْهِلَالُ لَزِدْتُكُمْ كَالْمُنَكِّلِ لَهُمْ حِينَ أَبَوْا أَنْ
يَنْتَهُوا ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 682 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan
mengerjakannya serta berlaku bodoh, maka tidak ada keperluan bagi Allah untuk
meninggalkan makanan dan minumannya." Riwayat Bukhari dan Abu Dawud. Lafadznya
menurut riwayat Abu Dawud.
|
َوَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ
لَمْ يَدَعْ قَوْلَ اَلزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ, وَالْجَهْلَ, فَلَيْسَ لِلَّهِ
حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ, وَأَبُو
دَاوُدَ وَاللَّفْظُ لَه
| |
Hadits No. 683 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
pernah mencium sewaktu shaum dan mencumbu sewaku shaum, akan tetapi beliau
adalah orang yang paling kuat menahan nafsunya di antara kamu. Muttafaq Alaihi
dan lafadznya menurut Muslim. Dalam suatu riwayat ditambahkan: Pada bulan
Ramadhan.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يُقَبِّلُ وَهُوَ صَائِمٌ, وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ, وَلَكِنَّهُ
أَمْلَكُكُمْ لِإِرْبِهِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ. وَزَادَ
فِي رِوَايَةٍ: ( فِي رَمَضَانَ )
| |
Hadits No. 684 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam pernah berbekam dalam keadaan ihram dan pernah berbekam sewaktu shaum.
Riwayat Bukhari.
|
َوَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اِحْتَجَمَ وَهُوَ مُحْرِمٌ, وَاحْتَجَمَ وَهُوَ
صَائِمٌ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 685 | ||
Dari Syaddad Ibnu Aus bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah
melewati seseorang yang sedang berbekam pada bulan Ramadhan di Baqi', lalu
beliau bersabda: "Batallah puasa orang yang membekam dan dibekam." Riwayat Imam
Lima kecuali Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu
Hibban.
|
َوَعَنْ شَدَّادِ بْنِ
أَوْسٍ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَتَى عَلَى
رَجُلٍ بِالْبَقِيعِ وَهُوَ يَحْتَجِمُ فِي رَمَضَانَ. فَقَالَ: أَفْطَرَ
اَلْحَاجِمُ ]وَالْمَحْجُومُ
[ ) رَوَاهُ
اَلْخَمْسَةُ إِلَّا اَلتِّرْمِذِيَّ, وَصَحَّحَهُ أَحْمَدُ, وَابْنُ خُزَيْمَةَ,
وَابْنُ حِبَّانَ
| |
Hadits No. 686 | ||
Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu berkata: Pertama kali pembekaman bagi
orang yang puasa itu dimakruhkan adalah ketika Ja'far Ibnu Abu Thalib berbekam
sewaktu shaum. Lalu Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melewatinya dan beliau
bersabda: "Batallah dua orang ini." Setelah itu Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam memberikan keringanan untuk berbekam bagi orang yang shaum. Dan Anas
pernah berbekam ketika shaum. Riwayat Daruquthni dan ia menguatkannya.
|
َوَعَنْ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ: ( أَوَّلُ مَا كُرِهَتِ اَلْحِجَامَةُ
لِلصَّائِمِ; أَنَّ جَعْفَرَ بْنَ أَبِي طَالِبٍ اِحْتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ,
فَمَرَّ بِهِ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: " أَفْطَرَ هَذَانِ ", ثُمَّ
رَخَّصَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بَعْدُ فِي اَلْحِجَامَةِ لِلصَّائِمِ,
وَكَانَ أَنَسٌ يَحْتَجِمُ وَهُوَ صَائِمٌ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ
وَقَوَّاهُ
| |
Hadits No. 687 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam memakai celak mata pada bulan Ramadhan sewaktu beliau shaum. Riwayat Ibnu
Majah dengan sanad yang lemah. Tirmidzi berkata: Dalam bab ini tidak ada hadits
yang shahih.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا, ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
اِكْتَحَلَ فِي رَمَضَانَ, وَهُوَ صَائِمٌ ) رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَهْ بِإِسْنَادٍ
ضَعِيفٍ. قَالَ اَلتِّرْمِذِيُّ: لَا يَصِحُّ فِيهِ
شَيْءٌ
| |
Hadits No. 688 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa lupa bahwa ia sedang shaum, lalu ia
makan dan minum, hendaknya ia meneruskan puasanya, karena sesungguhnya ia telah
diberi makan dan minum oleh Allah." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (
مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ, فَأَكَلَ أَوْ شَرِبَ, فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ,
فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ اَللَّهُ وَسَقَاهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 689 | ||
Menurut riwayat Hakim: "Barangsiapa yang berbuka pada saat puasa Ramadhan
karena lupa, maka tak ada qodlo dan kafarat baginya." Hadits
Shahih.
|
َوَلِلْحَاكِمِ:
( مَنْ أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ نَاسِيًا فَلَا قَضَاءَ عَلَيْهِ وَلَا كَفَّارَةَ
) وَهُوَ صَحِيحٌ
| |
Hadits No. 690 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang terpaksa muntah maka tak ada qodlo
baginya dan barangsiapa sengaja muntah maka wajib qodlo atasnya." Riwayat Imam
Lima. Dinilai cacat oleh Ahmad dan dinilai kuat oleh Daruquthni.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ
ذَرَعَهُ اَلْقَيْءُ فَلَا قَضَاءَ عَلَيْهِ, وَمَنْ اسْتَقَاءَ فَعَلَيْهِ
اَلْقَضَاءُ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ. وَأَعَلَّهُ أَحْمَدُ. وَقَوَّاهُ
اَلدَّارَقُطْنِيُّ
| |
Hadits No. 691 | ||
Dari Jabir Ibnu Abdullah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam keluar pada tahun penaklukan kota Mekah di bulan
Ramadhan. Beliau shaum, hingga ketika sampai di kampung Kura' al-Ghomam
orang-orang ikut shaum. Kemudian beliau meminta sekendi air, lalu mengangkatnya,
sehingga orang-orang melihatnya dan beliau meminumnya. Kemudian seseorang
bertanya kepada beliau bahwa sebagian orang telah shaum. Beliau bersabda:
"Mereka itu durhaka, mereka itu durhaka."
|
َوَعَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اَللَّهِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم خَرَجَ عَامَ اَلْفَتْحِ إِلَى مَكَّةَ فِي رَمَضَانَ, فَصَامَ
حَتَّى بَلَغَ كُرَاعَ الْغَمِيمِ, فَصَامَ اَلنَّاسُ, ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ مِنْ
مَاءٍ فَرَفَعَهُ, حَتَّى نَظَرَ اَلنَّاسُ إِلَيْهِ, ثُمَّ شَرِبَ, فَقِيلَ لَهُ
بَعْدَ ذَلِكَ: إِنَّ بَعْضَ اَلنَّاسِ قَدْ صَامَ. قَالَ: أُولَئِكَ اَلْعُصَاةُ,
أُولَئِكَ اَلْعُصَاةُ )
| |
Hadits No. 692 | ||
Dalam suatu lafadz hadits shahih ada seseorang berkata pada beliau:
Orang-orang merasa berat shaum dan sesungguhnya mereka menunggu apa yang baginda
perbuat. Lalu setelah Ashar beliau meminta sekendi air dan meminumnya. Riwayat
Muslim.
|
َوَفِي
لَفْظٍ: ( فَقِيلَ لَهُ: إِنَّ اَلنَّاسَ قَدْ شَقَّ عَلَيْهِمُ اَلصِّيَامُ,
وَإِنَّمَا يَنْظُرُونَ فِيمَا فَعَلْتَ، فَدَعَا بِقَدَحٍ مِنْ مَاءٍ بَعْدَ
اَلْعَصْرِ، فَشَرِبَ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 693 | ||
Dari Hamzah Ibnu Amar al-Islamy Radliyallaahu 'anhu bahwa dia berkata:
Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku kuat shaum dalam perjalanan, apakah aku
berdosa? Maka Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Ia adalah
keringanan dari Allah, barangsiapa yang mengambil keringanan itu maka hal itu
baik dan barangsiapa senang untuk shaum, maka ia tidak berdosa." Riwayat Muslim
dan asalnya dalam shahih Bukhari-Muslim dari hadits 'Aisyah bahwa Hamzah Ibnu
Amar bertanya.
|
َوَعَنْ
حَمْزَةَ بْنِ عَمْرٍو الْأَسْلَمِيِّ رِضَى اَللَّهُ عَنْهُ; أَنَّهُ قَالَ: ( يَا
رَسُولَ اَللَّهِ! أَجِدُ بِي قُوَّةً عَلَى اَلصِّيَامِ فِي اَلسَّفَرِ, فَهَلْ
عَلَيَّ جُنَاحٌ? فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم هِيَ رُخْصَةٌ مِنَ
اَللَّهِ, فَمَنْ أَخَذَ بِهَا فَحَسَنٌ, وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَصُومَ فَلَا
جُنَاحَ عَلَيْهِ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ. وَأَصْلُهُ فِي اَلْمُتَّفَقِِ مِنْ حَدِيثِ
عَائِشَةَ; ( أَنَّ حَمْزَةَ بْنَ عَمْرٍو سَأَلَ
)
| |
Hadits No. 694 | ||
Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Orang tua lanjut usia diberi
keringanan untuk tidak shaum dan memberi makan setiap hari untuk seorang miskin,
dan tidak ada qodlo baginya. Hadits shahih diriwayatkan oleh Daruquthni dan
Hakim.
|
َوَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: ( رُخِّصَ لِلشَّيْخِ
اَلْكَبِيرِ أَنْ يُفْطِرَ, وَيُطْعِمَ عَنْ كُلِّ يَوْمٍ مِسْكِينًا, وَلَا
قَضَاءَ عَلَيْهِ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَالْحَاكِمُ,
وَصَحَّحَهُ
| |
Hadits No. 695 | ||
Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Ada seorang laki-laki menghadap
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, lalu berkata: Wahai Rasulullah, aku
telah celaka. Beliau bertanya: "Apa yang mencelakakanmu?" Ia menjawab: Aku telah
mencampuri istriku pada saat bulan Ramadhan. Beliau bertanya: "Apakah engkau
mempunyai sesuatu untuk memerdekakan budak?" ia menjawab: Tidak. Beliau
bertanya: "Apakah engkau mampu shaum dua bulan berturut-turut?" Ia menjawab:
Tidak. Lalu ia duduk, kemudian Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memberinya
sekeranjang kurma seraya bersabda: "Bersedekahlan denan ini." Ia berkata:
"Apakah kepada orang yang lebih fakir daripada kami? Padahal antara dua batu
hitam di Madinah tidak ada sebuah keluarga pun yang lebih memerlukannya daripada
kami. Maka tertawalah Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sampai terlihat gigi
siungnya, kemudian bersabda: "Pergilah dan berilah makan keluargamu dengan kurma
itu." Riwayat Imam Tujuh dan lafadznya menurut riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( جَاءَ رَجُلٌ إِلَى اَلنَّبِيِّ صلى الله
عليه وسلم فَقَالَ: هَلَكْتُ يَا رَسُولَ اَللَّهِ. قَالَ: وَمَا أَهْلَكَكَ ?
قَالَ: وَقَعْتُ عَلَى اِمْرَأَتِي فِي رَمَضَانَ، فَقَالَ: هَلْ تَجِدُ مَا
تَعْتِقُ رَقَبَةً? قَالَ: لَا قَالَ: فَهَلْ تَسْتَطِيعُ أَنْ تَصُومَ شَهْرَيْنِ
مُتَتَابِعَيْنِ? قَالَ: لَا قَالَ: فَهَلْ تَجِدُ مَا تُطْعِمُ سِتِّينَ
مِسْكِينًا? قَالَ: لَا, ثُمَّ جَلَسَ, فَأُتِي اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
بِعَرَقٍ فِيهِ تَمْرٌ. فَقَالَ: تَصَدَّقْ بِهَذَا , فَقَالَ: أَعَلَى أَفْقَرَ
مِنَّا? فَمَا بَيْنَ لَابَتَيْهَا أَهْلُ بَيْتٍ أَحْوَجُ إِلَيْهِ مِنَّا,
فَضَحِكَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم حَتَّى بَدَتْ أَنْيَابُهُ، ثُمَّ
قَالَ:اذْهَبْ فَأَطْعِمْهُ أَهْلَكَ ) رَوَاهُ اَلسَّبْعَةُ, وَاللَّفْظُ
لِمُسْلِمٍ
| |
Hadits No. 696 | ||
Dari 'Aisyah dan Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah memasuki waktu pagi dalam keadaan
junub karena bersetubuh. Kemudian beliau mandi dan shaum. Muttafaq Alaihi.
Muslim menambahkan dalam hadits Ummu Salamah: Dan beliau tidak mengqodlo' puasa.
|
َوَعَنْ عَائِشَةَ
وَأُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم كَانَ يُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ, ثُمَّ يَغْتَسِلُ وَيَصُومُ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ زَادَ
مُسْلِمٌ فِي حَدِيثِ أُمِّ سَلَمَةَ: ]
وَ [
لَا يَقْضِي
| |
Hadits No. 697 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa meninggal dan ia masih menanggung
kewajiban puasa, maka walinya shaum untuknya." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ عَنْهُ وَلِيُّهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
|
BAB SHAUM SUNNAH DAN SHAUM YANG DILARANG |
بَابُ صَوْمُ اَلتَّطَوُّعِ
وَمَا نُهِيَ عَنْ صَوْمِهِِ
| |
Hadits No. 698 | ||
Dari Abu Qotadah al-Anshory Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam perna ditanya mengenai puasa hari
Arafah, lalu beliau menjawab: "Ia menghapus dosa-dosa tahun lalu dan yang akan
datang." Beliau juga ditanya tentang puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab:
"Ia menghapus dosa-dosa tahun yang lalu." Dan ketika ditanya tentang puasa hari
Senin, beliau menjawab: "Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus, dan hari
diturunkan al-Qur'an padaku." Riwayat Muslim.
|
َعَنْ
أَبِي قَتَادَةَ اَلْأَنْصَارِيِّ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ. قَالَ: يُكَفِّرُ اَلسَّنَةَ
اَلْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ , وَسُئِلَ عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ. قَالَ:
يُكَفِّرُ اَلسَّنَةَ اَلْمَاضِيَةَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اَلِاثْنَيْنِ,
قَالَ: ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ
فِيهِ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 699 | ||
Dari Abu Ayyub Al-Anshory Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa shaum Ramadhan,
kemudian diikuti dengan shaum enam hari pada bulan Syawwal, maka ia seperti
shaum setahun." Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
أَبِي أَيُّوبَ اَلْأَنْصَارِيِّ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ صَامَ رَمَضَانَ, ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ
كَانَ كَصِيَامِ اَلدَّهْرِ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 700 | ||
Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika seorang hamba shaum
sehari waktu perang di jalan Allah, niscaya Allah akan menjauhkannya dengan
puasa itu dari api neraka sejauh 70 tahun perjalanan." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اَللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ
اَللَّهُ بِذَلِكَ اَلْيَوْمِ عَنْ وَجْهِهِ اَلنَّارَ سَبْعِينَ خَرِيفًا )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ
| |
Hadits No. 701 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam biasa shaum sehingga kami menyangka beliau tidak
akan berbuka dan beliau berbuka sehingga kami menyangka beliau tidak akan shaum.
Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan dan aku tidak pernah
melihat beliau shaum dalam suatu bulan lebih banyak daripada bulan Sya'ban.
Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ, وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا
يَصُومُ, وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ
شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ, وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ
صِيَامًا فِي شَعْبَانَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ
لِمُسْلِمٍ
| |
Hadits No. 702 | ||
Abu Dzar Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kita untuk shaum tiga hari dalam
sebulan, yaitu pada tanggal 13,14, dan 15. Riwayat Nasa'i dan Tirmidzi. Hadits
shahih menurut Ibnu Hibban.
|
َوَعَنْ
أَبِي ذَرٍّ رضي الله عنه قَالَ: ( أَمَرَنَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
أَنْ نَصُومَ مِنْ اَلشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ: ثَلَاثَ عَشْرَةَ, وَأَرْبَعَ
عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ ) رَوَاهُ النَّسَائِيُّ, وَاَلتِّرْمِذِيُّ,
وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ
| |
Hadits No. 703 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak diperbolehkan bagi seorang
perempuan shaum di saat suaminya di rumah, kecuali dengan seizinnya." Muttafaq
Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Muslim. Abu Dawud menambahkan: "Kecuali
pada bulan Ramadhan."
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (
لَا يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلَّا بِإِذْنِهِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ. وَزَادَ أَبُو دَاوُدَ: ( غَيْرَ
رَمَضَانَ )
| |
Hadits No. 704 | ||
Dari Abu Said Al-Khudry bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam melarang shaum pada dua hari, yakni hari raya Fithri dan hari
raya Kurban. Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ: يَوْمِ اَلْفِطْرِ وَيَوْمِ اَلنَّحْرِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
| |
Hadits No. 705 | ||
Dari Nubaitsah al-Hudzaliy Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Hari-hari tasyriq adalah
hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah 'Azza wa Jalla."
Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
نُبَيْشَةَ اَلْهُذَلِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( أَيَّامُ اَلتَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ, وَذِكْرٍ لِلَّهِ
تعَالى
) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 706 | ||
'Aisyah dan Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Tidak
diizinkan shaum pada hari-hari tasyriq, kecuali orang yang tidak mendapatkan
hewan kurban (di Mina saat ibadah haji). Riwayat Bukhari.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ وَابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمْ قَالَا: ( لَمْ يُرَخَّصْ فِي
أَيَّامِ اَلتَّشْرِيقِ أَنْ يُصَمْنَ إِلَّا لِمَنْ لَمْ يَجِدِ اَلْهَدْيَ )
رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 707 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah mengkhususkan malam Jum'at
untuk bangun beribadah dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan
hari Jum'at untuk shaum dibanding hari-hari yang lainnya, kecuali jika seseorang
di antara kamu sudah terbiasa shaum." Diriwayatkan oleh Muslim.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا
تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ اَلْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اَللَّيَالِي, وَلَا
تَخْتَصُّوا يَوْمَ اَلْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اَلْأَيَّامِ, إِلَّا أَنْ
يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 708 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah sekali-kali seseorang di
antara kamu shaum pada hari Jum'at, kecuali ia shaum sehari sebelumnya atau
sehari sesudahnya." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (
لَا يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ اَلْجُمُعَةِ, إِلَّا أَنْ يَصُومَ يَوْمًا
قَبْلَهُ, أَوْ يَوْمًا بَعْدَهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 709 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila bulan Sya'ban telah lewat
setengah, maka janganlah engkau shaum." Riwayat Imam Lima dan diingkari oleh
Ahmad.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (
إِذَا اِنْتَصَفَ شَعْبَانَ فَلَا تَصُومُوا ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ,
وَاسْتَنْكَرَهُ أَحْمَدُ
| |
Hadits No. 710 | ||
Dari al-Shomma' binti Busr Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Janganlah shaum pada hari
Sabtu, kecuali yang telah diwajibkan atasmu. Jika seseorang di antara kamu hanya
mempunyai kulit anggur atau ranting pohon, hendaknya ia mengunyahnya." Riwayat
Imam Lima dan para perawinya dapat dipercaya, namun hadits itu mudltharib. Malik
menilainya munkar dan Abu Dawud berkata: Hadits itu mansukh (oleh hadits nomer
43 berikut).
|
َوَعَنِ
اَلصَّمَّاءِ بِنْتِ بُسْرٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا تَصُومُوا يَوْمَ اَلسَّبْتِ, إِلَّا فِيمَا
اِفْتُرِضَ عَلَيْكُمْ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلَّا لِحَاءَ عِنَبٍ, أَوْ
عُودَ شَجَرَةٍ فَلْيَمْضُغْهَا ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَرِجَالُهُ ثِقَاتٌ,
إِلَّا أَنَّهُ مُضْطَرِبٌ. وَقَدْ أَنْكَرَهُ مَالِكٌ. وَقَالَ أَبُو دَاوُدَ:
هُوَ مَنْسُوخٌ
| |
Hadits No. 711 | ||
Dari Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam paling sering shaum pada hari Sabtu dan Ahad, dan
beliau bersabda: "Dua hari tersebut adalah hari-hari raya orang musyrik dan aku
ingin menentang mereka." Dikeluarkan oleh Nasa'i. Hadits shahih menurut Ibnu
Khuzaimah dengan lafadz ini.
|
َوَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ
رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ
أَكْثَرَ مَا يَصُومُ مِنَ اَلْأَيَّامِ يَوْمُ اَلسَّبْتِ, وَيَوْمُ اَلْأَحَدِ,
وَكَانَ يَقُولُ: إِنَّهُمَا يَوْمَا عِيدٍ لِلْمُشْرِكِينَ, وَأَنَا أُرِيدُ أَنْ
أُخَالِفَهُمْ ) أَخْرَجَهُ النَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ,
وَهَذَا لَفْظُهُ
| |
Hadits No. 712 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarang untuk shaum hari raya arafah di Arafah.
Riwayat Imam Lima selain Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah dan
Hakim. Hadits munkar menurut Al-'Uqaily.
|
َوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ( نَهَى عَنْ
صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَةَ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ غَيْرَ
اَلتِّرْمِذِيِّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ, وَالْحَاكِمُ, وَاسْتَنْكَرَهُ
الْعُقَيْلِيُّ
| |
Hadits No. 713 | ||
Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada puasa bagi orang
yang shaum selamanya." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا صَامَ مَنْ صَامَ اَلْأَبَدَ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 714 | ||
Menurut riwayat Muslim dari hadits Abu Qotadah dengan
lafadz: "Tidak puasa dan tidak berbuka."
|
َوَلِمُسْلِمٍ
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ بِلَفْظِ: ( لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ
)
| |
BAB I'TIKAF DAN IBADAH RAMADLAN |
بَابُ اَلِاعْتِكَافِ وَقِيَامِ
رَمَضَانِ
| |
Hadits No. 715 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan
karena iman dan mengharap ridlo'Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah
lewat." Muttafaq Alaihi.
|
َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا
تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْه
| |
Hadits No. 716 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila memasuki sepuluh hari -- yakni sepuluh hari
terakhir dari bulan Ramadhan-- mengencangkan kain sarungnya, menghidupkan
malamnya, dan membangunkan keluarganya. Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ-
شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 717 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam selalu beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan
Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri-istri beliau beri'tikaf
sepeninggalnya. Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْهَا: ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعْتَكِفُ
اَلْعَشْرَ اَلْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ, حَتَّى تَوَفَّاهُ اَللَّهُ, ثُمَّ
اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْه
| |
Hadits No. 718 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila hendak beri'tikaf, beliau sholat Shubuh
kemudian masuk ke tempat i'tikafnya. Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْهَا
قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَرَادَ أَنْ
يَعْتَكِفَ صَلَّى اَلْفَجْرَ, ثُمَّ دَخَلَ مُعْتَكَفَهُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 719 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah memasukkan kepalany ke dalam rumah --
beliau di dalam masjid--, lalu aku menyisir rambutnya dan jika beri'tikaf beliau
tidak masuk ke rumah, kecuali untuk suatu keperluan. Muttafaq Alaihi dan
lafadznya menurut Bukhari.
|
َوَعَنْهَا
قَالَتْ: ( إِنْ كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لَيُدْخِلُ عَلَيَّ
رَأْسَهُ -وَهُوَ فِي اَلْمَسْجِدِ- فَأُرَجِّلُهُ, وَكَانَ لَا يَدْخُلُ
اَلْبَيْتَ إِلَّا لِحَاجَةٍ, إِذَا كَانَ مُعْتَكِفًا ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ,
وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ
| |
Hadits No. 720 | ||
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Disunatkan bagi
orang yang beri'tikaf untuk tidak menjenguk orang sakit, tidak melawat jenazah,
tidak menyentuh perempuan dan tidak juga menciumnya, tidak keluar masjid untuk
suatu keperluan kecuali keperluan yang sangat mendesak, tidak boleh i'tikaf
kecuali dengan shaum, dan tidak boleh i'tikaf kecuali di masjid jami'. Riwayat
Abu Dawud. Menurut pendapat yang kuat hadits ini mauquf akhirnya.
|
َوَعَنْهَا
قَالَتْ: ( اَلسُّنَّةُ عَلَى اَلْمُعْتَكِفِ أَنْ لَا يَعُودَ مَرِيضًا, وَلَا
يَشْهَدَ جِنَازَةً, وَلَا يَمَسَّ امْرَأَةً, وَلَا يُبَاشِرَهَا, وَلَا يَخْرُجَ
لِحَاجَةٍ, إِلَّا لِمَا لَا بُدَّ لَهُ مِنْهُ, وَلَا اعْتِكَافَ إِلَّا بِصَوْمٍ
وَلَا اعْتِكَافَ إِلَّا فِي مَسْجِدٍ جَامِعٍ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَلَا
بَأْسَ بِرِجَالِهِ, إِلَّا أَنَّ اَلرَّاجِحَ وَقْفُ
آخِرِهِ
| |
Hadits No. 721 | ||
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada kewajiban shaum bagi orang
yang i'tikaf, kecuali ia mewajibkan atas dirinya sendiri." Riwayat Daruquthni
dan Hakim. hadits mauquf menurut pendapat yang kuat.
|
َوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( لَيْسَ عَلَى اَلْمُعْتَكِفِ صِيَامٌ إِلَّا أَنْ يَجْعَلَهُ عَلَى
نَفْسِهِ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ
أَيْضًا
| |
Hadits No. 722 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa beberapa
shahabat Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melihat lailatul qadr dalam mimpi
tujuh malam terakhir, maka Rasulallah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,
Aku telah ditunjukkan kebenaran tentang mimpimu pada tujuh malam yang terakhir,
maka barangsiapa ingin mencarinya hendaknya ia mencari pada tujuh malam
terakhir." Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا: ( أَنَّ رِجَالاً مِنْ أَصْحَابِ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أُرُوا لَيْلَةَ اَلْقَدْرِ فِي اَلْمَنَامِ, فِي
اَلسَّبْعِ اَلْأَوَاخِرِ, فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَرَى
رُؤْيَاكُمْ قَدْ تَوَاطَأَتْ فِي اَلسَّبْعِ اَلْأَوَاخِرِ, فَمَنْ كَانَ
مُتَحَرِّيَهَا فَلْيَتَحَرَّهَا فِي اَلسَّبْعِ اَلْأَوَاخِرِ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 723 | ||
Dari Muawiyah Ibnu Abu Sufyan Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda tentang lailatul qadar: "Malam dua
puluh tujuh." Riwayat Abu Dawud dan menurut pendapat yang kuat ia adalah mauquf.
ada 40 pendapat yang berselisih tentang penetapannya yang saya paparkan dalam
kitab Fathul Bari.
|
َوَعَنْ
مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى
الله عليه وسلم قَالَ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ: ( لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ )
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ. وَقَدْ اِخْتُلِفَ فِي تَعْيِينِهَا
عَلَى أَرْبَعِينَ قَوْلًا أَوْرَدْتُهَا فِي فَتْحِ اَلْبَارِي
| |
Hadits No. 724 | ||
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa dia bertanya:
Wahai Rasulullah, bagaimana jika aku tahu suatu malam dari lailatul qadr, apa
yang harus aku baca pada malam tersebut? Beliau bersabda: "bacalah (artinya: Ya
Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai ampunan, maka
ampunilah aku)." Riwayat Imam Lima selain Abu Dawud. Hadits shahih menurut
Tirmidzi dan Hakim.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( قُلْتُ يَا رَسُولَ اَللَّهِ :
أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ اَلْقَدْرِ, مَا أَقُولُ فِيهَا?
قَالَ: قُولِي: اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي "
) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, غَيْرَ أَبِي دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ,
وَالْحَاكِمُ
| |
Hadits No. 725 | ||
Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada perjalanan
kecuali ke tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini, dan Masjidil Aqsho."
Muttafaq Alaihi.
|
َوَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم : ( لَا تُشَدُّ اَلرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ:
اَلْمَسْجِدِ اَلْحَرَامِ, وَمَسْجِدِي هَذَا, وَالْمَسْجِدِ اَلْأَقْصَى )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar