43. Az Zukhruf
|
61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan
pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang
kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus
|
43. Az Zukhruf
|
62. Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh
syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
|
43. Az Zukhruf
|
63. Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata:
"Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat[1364] dan untuk menjelaskan kepadamu
sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada
Allah dan taatlah (kepada) ku."
|
[1364]. Yang dimaksud dengan hikmat di
sini ialah kenabian, Injil dan hukum.
|
43. Az Zukhruf
|
64. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah
Dia, ini adalah jalan yang lurus.
|
43. Az Zukhruf
|
65. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat)
di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim
yakni siksaan hari yang pedih (kiamat).
|
43. Az Zukhruf
|
66. Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat
kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya.
|
43. Az Zukhruf
|
67. Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi
musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.
|
43. Az Zukhruf
|
KEBAHAGIAAN YANG DINIKMATI OLEH PENDUDUK SURGA DAN KESENGSARAAN YANG DIALAMI OLEH PENDUDUK NERAKA
68. "Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran
terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati.
|
43. Az Zukhruf
|
69. (Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami
dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri.
|
43. Az Zukhruf
|
70. Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri
kamu digembirakan."
|
43. Az Zukhruf
|
71. Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan
piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh
hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.
|
43. Az Zukhruf
|
72. Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan
amal-amal yang dahulu kamu kerjakan.
|
43. Az Zukhruf
|
73. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu
yang sebahagiannya kamu makan.
|
43. Az Zukhruf
|
74. Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam
azab neraka Jahannam.
|
43. Az Zukhruf
|
75. Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di
dalamnya berputus asa.
|
43. Az Zukhruf
|
76. Dan tidaklah Kami menganiaya mereka tetapi merekalah
yang menganiaya diri mereka sendiri.
|
43. Az Zukhruf
|
77. Mereka berseru: "Hai Malik[1365] biarlah Tuhanmu membunuh kami
saja." Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka
ini)."
|
[1365]. Malikadalah malaikat penjaga neraka.
|
43. Az Zukhruf
|
78. Sesungguhnya Kami benar-benar telah memhawa kebenaran kepada
kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.
|
43. Az Zukhruf
|
79. Bahkan mereka telah menetapkan satu tipu daya (jahat),
maka sesungguhnya Kami menetapkan pula[1366].
|
[1366]. Maksudnya: kaum musyrikin Mekah bukan saja benci
kepada kebenaran, bahkan mereka juga telah merencanakan hendak membunuh Nabi
Muhammad s.a w. Tetapi rencana itu gagal, karena Allah juga mempunyai rencana
untuk menyelamatkan Nabi.
|
43. Az Zukhruf
|
80. Apakah mereka mengira, bahwa Kami tidak mendengar
rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan
utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.
|
43. Az Zukhruf
|
BANTAHAN AL QUR'AN TENTANG KEPERCAYAAN TUHAN MEMPUNYAI ANAK
81. Katakanlah, jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah
mempunyai anak, maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak
itu).
|
43. Az Zukhruf
|
82. Maha Suci Tuhan Yang empunya langit dan bumi, Tuhan
Yang empunya 'Arsy, dari apa yang mereka sifatkan itu.
|
43. Az Zukhruf
|
83. Maka biarlah mereka tenggelam (dalam kesesatan) dan
bermain-main sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka.
|
43. Az Zukhruf
|
84. Dan Dialah Tuhan (Yang disembah) di langit dan Tuhan
(Yang disembah) di bumi dan Dia-lah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.
|
43. Az Zukhruf
|
85. Dan Maha Suci Tuhan Yang mempunyai kerajaan langit dan
bumi; dan apa yang ada di antara keduanya; dan di sisi-Nyalah pengetahuan
tentang hari kiamat dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.
|
43. Az Zukhruf
|
86. Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah
tidak dapat memberi syafa'at; akan tetapi (orang yang dapat memberi syafa'at
ialah) orang yang mengakui yang hak (tauhid) dan mereka meyakini(nya)[1367].
|
[1367]. Maksudnya Nabi Muhammad dan Nabi yang lain dapat
memberi syafa'at sesudah di beri izin oleh Allah s.w.t.
|
43. Az Zukhruf
|
87. Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka:
"Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab:
"Allah", maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah
Allah )?,
|
43. Az Zukhruf
|
88. dan (Allah mengetabui) ucapan Muhammad: "Ya
Tuhanku, sesungguhnya mereka itu adalah kaum yang tidak beriman."
|
43. Az Zukhruf
|
89. Maka berpalinglah (hai Muhammad) dari mereka dan
katakanlah: "Salam (selamat tinggal)." Kelak mereka akan mengetahui
(nasib mereka yang buruk).
|
43. Az Zukhruf
|
Penutup
|
Surat Az Zukhruf dimulai dengan menerangkan bahwa Al Quran adalah wahyu Ilahi dan diambil dari Lauh Mahfuzh. Kemudian menerangkan sikap orang musyrik terhadap para nabi dan menyebutkan sebahagian hikmah Allah yang dilimpahkan kepada manusia. Dikemukakan juga tentang sifat orang-orang musyrik yang suka mengada-adakan kebathilan dan kerusakan kepercayaan mereka dan sifat-sifat mereka yang sombong, walaupun mereka telah diperingatkan dengan nasib umat-umat yang dahulu yang mendurhakai Allah. Akhirnya, mengingat tindakan-tindakan orang-orang musyrikin yang lebih mementingkan perhiasan dan keduniawian itu, maka surat ini ditutup dengan perintah Allah agar Nabi Muhammad s.a w. berpaling dari orang-orang musyrik itu, nanti mereka akan merasakan dan mengetahui kebenaran ancaman Allah. HUBUNGAN SURAT AZ ZUKHRUF DENGAN SURAT AD DUKHAAN 1. Kedua surat itu sama-sama dimulai dengan menyebutkan sifat-sifat Al-Quran. 2. Pada akhir surat Az Zukhruf disebutkan ancaman kepada orang-orang kafir dan pada permulaan surat Ad-Dukhaan terdapat pula peringatan dan ancaman itu. 3. Pada surat ini terdapat kesatuan sikap antara Nabi Muhammad s.a.w. da Nabi Musa a.s. yaitu pada surat Az Zukhruf Nabi Muhammad s.a.w. mengadu kepada Tuhannya bahwa kaumnya adalah orang yang tidak mau beriman, sedang pada surat Ad Dukhaan Nabi Musa a.s. mengadu kepada Tuhannya bahwa kaumnya adalah orang yang durhaka dan banyak dosa. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar